Selasa

Bintara TNI AL Bertambah 640 orang : Sersan Dua asal Waimangura raih predikat lulusan terbaik

TNI Angkatan Laut, kembali mendapat tambahan personel baru, setelah Komandan Komando Pengembangan dan Pendidikan Angkatan Laut (Dankobangdikal) Laksda TNI Sadiman,SE mengambil sumpah dan melantik 640 orang siswa Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AL Angkatan ke-31 TA. 2011, Desember 2011 lalu.

Pegambailan sumpah dan pelantikan bintara baru TNI AL tersebut di gelar di Lapangan Candradimuka Pusat Latihan dan Pendidikan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil), Kobangdikal, Juanda, Sidoarjo.

Dari jumlah lulusan tersebut, 559 diantaranya adalah bintara laki-laki dan 81 orang sisanya adalah bintara Korps Wanita TNI AL (Kowal). Dari jumlah itu pula, 146 diantaranya memiliki kejuruan Pelaut dan akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan di Kodikopsla, kemudian 50 orang melanjutkan pendidikannya di Komando Pendidikan Marinir dan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) mendapat siswa terbanya dengan 444 siswa bintara yang akan disebar ke Pusdikbanmin, Pusdiktek, Pusdiklek, Pusdik Pomal dan Pusdikes.


Upacara yang juga dihadiri Wadan Kobangdikal Brigjen TNI (Mar) P. Verry Kunto.G, SH, Danpuspenerbal Laksma TNI Halomoan Sipahutar, M,Sc, Dankodikopsla Kolonel Laut (P) Yayat Achmad Hadirat, M. Si (Han)., dan para pejabat teras Kobangdikal lainnya tersebut, juga di hadiri ribuan orang tua dan keluarga besar para siswa Dikmaba TNI AL angkatan Ke-31 ini yang turut menyaksikan jalannya acara..

Suasana ceria, hingar bingar dan menghibur mulai terlihat ketika para sisiwa Dikmaba Angkatan ke-31 ini, mepertontonkan ketangkasannya dalam berbagai aneka demontrasi militer, diantaranya gerakan Peraturan Baris Berbaris (PBB) dengan paduan semapor dan kolone senapan, bela diri militer yang diperankan siswa Kowal, senam balok, halang rintang, taktik serangan kecil, bongkar senjata laras panjang dan pendek serta taktik serangngan tingkat regu..

Dalam amanatnya, Dankobangdikal menyampaikan ucapan selamat kepada para siswa yang berhasil lulus dan berhak atas pangkat Sersan Dua. Menurutnya, upacara penutupan pendidikan merupakan momen bersejarah dan istimewa bagi masa depan seorang prajurit.
“Usai dilantik dan diambil sumpah, berarti kalian resmi menjadi prajurit TNI AL, dan berhak atas pangkat Sersan Dua (Serda),” terang orang nomor satu di jajaran Kobangdikal ini.

Sumpah, lanjutnya, adalah janji kepada Tuhan Yang Maha Esa yang harus ditepati. Bagi yang melanggar, pasti ada sanksi, sehingga setiap prajurit harus mampu memahami isi dan jiwa dari sumpah tersebut agar kelak dapat melaksanakan tugas dengan penuh keikhlasan, jujur dan bertanggungjawab sesuai dengan hati nurani.

Dibagian lain Laksamana kelahiran Kulon Progo, 1 Februari 1956 ini berharap, setelah lima bulan mengikuti pendidikan di Puslatdiksarmil, siswa Dikmaba XXXI mampu merubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak dari masyarakat sipil menjadi pola tindak seorang prajurit matra laut yang tanggap, tanggon dan trengginas.

Selain itu, Sadiman –sapaan akrab dankobangdikal ini- mengingatkan 640 bintara baru ini agar tidak terus larut oleh kebanggaan menjadi prajurit TNI AL, karena meskipun sudah menyandang pangkat Serda, tetapi status sebagai siswa masih melekat, karena masih harus melanjutkan pendidikan ke tahap dasar golongan lanjutan di Pusdik-pusdik terkait selama 5 hingga 8 bulan sesuai kejuruan masing-masing.

Kebahagian pun terpancar dimuka Serda Bah Vitalis Ngongo Dairo, yang berhasil meraih predikat lulusan terbaik Dikmaba angkatan ke-31 ini. Dairo –sapaan akrab Sersan Dua kelahiran Waimangura, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT ini, adalah anak ke tiga dari lima bersaudara dari pasangan Bpk. Dairo Dendo dan Ny. Sulfiana Solimila.

Menurutnya, masuk menjadi anggota TNI AL adalah kebanggaan tersendiri yang diraihnya, karena dia meyakini bahwa dia adalah orang pertama dari desa Waimangura yang berhasil menjadi anggota TNI Al dengan pangkat Sersan.

“Hormat dan bangga ini saya persembahkan untuk orang tua tercinta, dan mudah-mudahan dengan masuknya saya menjadi anggota TNI AL, saya mampu untuk membantu orang tua dan adik-adik saya untuk lebih dari saya,” terang alumnus SMK 1 Maumere ini.
sumber : www.tnial.mil.id

Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Followers