Jumat

JADWAL PASOLA KODI 2012 DITETAPKAN,PERANG-PERANGAN SIAP DIGELAR


Perang-perangan (war game tournament) menggunakan kuda dan tombak di Pulau Sumba siap digelar pada Februari hingga Maret 2012. Para wisatawan pun mulai berbondong-bondong mendatangi Pulau Sumba guna mengaksikan dari dekat bagaimana hebatnya perang-perangan yang dikenal dengan sebutan Pasola itu.

Pasola sendiri merupakan aksi perang-perangan yang dilakukan dua kelompok berbeda sambil berkuda. Setiap kelompok terdiri dari 100 pemuda, bahkan lebih bersenjatakan tombak yang ujungnya dibiarkan tumpul. Biasanya, dilakukan pada pukul 08.00 hingga 12.00 WITENG.

Acaranya ini bener-benar seru dan sangat menantang sekaligus mengerikan. Karena tidak jarang pasukan di kedua belah pihak ada yang menjadi korban, mulai dari luka ringan, luka berat hingga meninggal dunia. Namun, menurut keyakinan masyarakat setempat, semakin banyak korban berjatuhan, maka semakin bagus ujud ritualnya. Alasannya? Korban-korban itu mengindikasikan bahwa hasil usaha atau panen mereka di tahun berikut pasti akan melimpah. Aneh kan? Itu sebabnya banyak wisatawan dan ilmuwan ingin menyaksikan dari dekat, sekaligus meneliti apa yang melatari kepercayaan tersebut.

Waktu pelaksanaan Pasola Kodi di Kabupaten Sumba Barat Daya - NTT akhirnya di tetapkan para Rato Pasola dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya.

Pertemuan yang berlangsung di kantor camat Kodi senin (27/01/2012) tersebut dihadiri oleh Rato Pasola dari Kampung Mbokubani, Wainyapu dan Tossi. Dari pertemuan tersebut para rato menetapkan jadwal pasola Kodi 2012 yaitu :

13/02/2012 :
Pasola Homba Kalayo,Kec. Kodi Bangedo.

15/02/2012:
Pasola Bondo Kawango, Kec. Kodi.

16/02/2012:
Pasola Rara Winyo, Kec. Kodi.

16/03/2012:
Pasola Wainyapu, Kec. kodi Balaghar.

Sumber : Dinas Pariwisata Kab. SBD

Dengan diumumkannya jadwal ini maka pelaksaanaa Pasola Kodi 2012 sudah tetap dan pengunjung yang berasal dari luar sumba sudah bisa mengatur jadwal kedatangan ke Sumba Barat Daya.

Dalam pertemuan yang dihadiri Drs Yohanes Bora, M.pd (Kepala Dinas Pariwisata Sumba Barat Daya), Camat Kodi, Perwakilan dari Kantor camat Kodi Bangedo, Sekcam Kodi Utara dan para kades tempat berlangsung Pasola juga tokoh adat ini disepakati untuk pelaksanaan Pasola ini harus tetap mempertahankan kesakralan dari Pasola dan keaslian atraksi Pasola. Selain itu diharapkan dalam pelaksanaan Pasola tidak ada atribut kampanye yang benuansa Politik khususnya di lapangan tempat berlangsungnya Pasola.

3 komentar:

  1. I dream all day.alwys suporting her.

    BalasHapus
  2. wooow... I just hear this kind of tournament even I'm Indonesian. I think this can be nice event in Sumba island. I do hope this event get succeed ^_^
    ~ Princess

    BalasHapus

Followers