Kamis

Marapu

Marapu adalah sebuah aliran kepercayaan lokal yang dianut oleh masyarakat di Pulau Sumba. Aliran ini ini merupakan kepercayaan yang memuja nenek moyang dan leluhur. Lebih dari setengah penduduk Sumba memeluk aliran kepercayaan ini

Pemeluk aliran kepercayaan ini percaya bahwa kehidupan di dunia ini hanya sementara dan bahwa setelah akhir zaman mereka akan hidup kekal, di dunia roh, di surga Marapu, yang dikenal sebagai Prai Marapu.Agama Marapu adalah “kepercayaan asli” yang masih hidup dan dianut oleh orang Sumba di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Adapun yang dimaksud dengan aliran kepercayaan Marapu ialah sistem keyakinan yang berdasarkan kepada pemujaan arwah-arwah leluhur (ancestor worship). Dalam bahasa Sumba arwah-arwah leluhur disebut Marapu , berarti “yang dipertuan” atau “yang dimuliakan”. Karena itu kepercayaan yang mereka anut disebut Marapu pula. Marapu ini banyak sekali jumlahnya dan ada susunannya secara hirarki yang dibedakan menjadi dua golongan, yaitu Marapu dan Marapu Ratu. Marapu ialah arwah leluhur yang didewakan dan dianggap menjadi cikal-bakal dari suatu kabihu (keluarga luas, clan), sedangkan Marapu Ratu ialah marapu yang dianggap turun dari langit dan merupakan leluhur dari para marapu lainnya, jadi merupakan marapu yang mempunyai kedudukan yang tertinggi. Kehadiran para marapu di dunia nyata diwakili dan dilambangkan dengan lambang-lambang suci yang berupa perhiasan mas atau perak (ada pula berupa patung atau guci) yang disebut Tanggu Marapu. Lambang-lambang suci itu disimpan di Pangiangu Marapu, yaitu di bagian atas dalam menara uma bokulu (rumah besar, rumah pusat) suatu kabihu. Walaupun mempunyai banyak Marapu yang sering disebut namanya, dipuja dan dimohon pertolongan, tetapi hal itu sama sekali tidak menyebabkan pengingkaran terhadap adanya Yang Maha Pencipta. Tujuan utama dari upacara pemujaan bukan semata-mata kepada arwah para leluhur itu sendiri, tetapi kepada Mawulu Tau-Majii Tau (Pencipta dan Pembuat Manusia), Tuhan Yang Maha Esa.

5 komentar:

  1. I grew up with my parents teaching me how to respect people and their religion. Although we have different beliefs and faith, I think we still define good and evil the same way.

    Thanks for this information my friend!

    BalasHapus
  2. postingan yg bgus skali sob.....menunjukkan pd dunia bhw Indonesia bnr2 pny beragam budaya yg menarik.

    BalasHapus
  3. Welcome on a beautiful afternoon thank you for your visit

    BalasHapus
  4. ^( ‘-’ )^ blog visit…

    BalasHapus
  5. Saya baru tau mengenai Marapu. Barusan di Metro TV ada acara mengenai Pulau Sumba. Indah sekali ya...

    BalasHapus

Followers